A. Pengertian Belajar Jarak Jauh
Belajar
jarak jauh menjadi istilah yang popular
untuk menjelaskan belajar melalui telekomunikasi. Istilah telekomunikasi
mencakup berbagai bentuk teknologi dan medi termasuk audio, video, dan
computer.
Desmon
Keegan (1980) mengidentifikasikan elemen kunci definisi formal dari belajar
jarak jauh, definisi ini tidak terpengaruh dengan adanya teknologi yang terbaru
dalam penyampaian pesan. Berikut elemen kunci dalam belajar jarak jauh :
1. Terpisahnya
pebelajar dengan pengajar
2. Adanya
program pembelajaran yang terorganisasi
3. Menggunakan
teknologi telekomunikasi
4. Komunikasi
dua arah
Dalam
belajar jarak jauh harus memperhatikan teknologi yang digunakan, dari bertatap
dengan guru langsung menjadi konferensi, sebuah system telekomunikasi dalam
pembelajaran harus berfungsi dengan baik agar menjadi efektif. System
komunikasi tersebut antara lain :
1. Pemaparan informasi.
Standar dari elemen dalam pengajaran adalah pemaparan informasi, tidak hanya
metode yang dipakai guru tetapi juga prosedur termasuk pendekatan yang berpusat
pada siswa. Sebagai contoh :
a. Pemaparan
guru dan demonstrasi
b. Presentasi
dari siswa atau hasil kerja dari grup kecil
c. Text
cetak dan ilustrasi
d. Music
langsung atau hasil rekaman dari suara
e. Gambar
bergerak
2. Praktek
dengan umpan balik. Kita tahu bahwa dalam belajar melibatkan banyak partisipasi
mental siswa secara aktif dalam memahami bahan ajar. Guru dapat melakukan
cara-cara berikut:
a. Kegiatan
Tanya jawab
b. Kegiatan
diskusi
c. Ujian
d. Kegiatan
kelompok yang terstruktur
e. Proyek
grup
f. Tutor
sebaya
3. Akses
pebelajar dengan sumber belajar. Pelajaran biasanya disusun dengan anggapan
bahwa pebelajar akan mengahabiskan waktu diluar kelas baik secara individual
maupun kelompok untuk membahas bahan ajar, mengerjakan pekerjaan rumah. Proyek,
makalah, dan lainnya. Yang termasuk sumber dalam belajar adalah : bahan yang
dicetak (buku teks, LKS), bahan audiovisual (CD, DVD atau sumber online),
database computer (hasil penelitian online), kit (khusus pada kegiatan labor),
bahan kepustakaan (sumber dolumen asli).
SB. Sumber Yang Digunakan Dalam Belajar
Jarak Jauh
Dalam
belajar jarak jauh adal 3 sumber yang digunakan yaitu audio, video dan online.
Dalam pengggunaan 3 sumber ini guru harus memperhatikan hak cipta.
Teknologi Audio
Radio
merupakan teknologi pertama yang digunakan dalam penyebaran informasi. Meskipun
tidak digunakan banyak pada saat sekarang ini, tetapi tetap masih dipakai pada
pada Negara-negara lain, terutama bagi tempat yang mempunyai akses internet
yang susah.
Salah
satu kunci sukses radio dalm dalam pembelajaran, radio dimiliki oleh siswa pada
berbagai tempat. Selain itu radio dapat menjalin komunikasi dua arah dengan
menggunakan live audio conference dengan
menggunakan telepon atau jaringan internet dibandingkan jika menggunakan kaset
atau CD. Bagaimanapun audio dapat mendukung visual informasi seperti handouts
atau powerpoint dengan mengirimkannya menggunakan fax atau email.
Teknologi Video
Ada
3 tipe utama dalam teknologi video yaitu streamed
video, televise dan CD/DVD.
1. Streamed
video. Disebarkan melalui internet sehingga dapat dilihat oleh computer pribadi
atau ditayangkan pada proyejtor sehingga semua siswa di kelas dapat melihatnya.
2. Televisi.
Televisi memberikan banyak cara yang berbeda dalam kesempatan belajar bagi
pebelajar. Siswa dapat belajar secara
mandiri dengan melihat program dari berbagai chanel. Dalam teknologi televisi
ini kita mengenal one way television yaitu system penyampaian program pembelajaran
tandapa adanya hubungan interaktif antara siswa dengan guru serta ada two way television yaitu memungkinkan
dimana ada umpan balik langsung dari pebelajar kepada presenter yang ada di TV.
3. CD/DVD.
Video dapat disimpan dalam CD/DVD sehingga dapat dibawa oleh siswa.video juga
dapat disewakan dari penyimpan local atau dipesan online kepada perusahan
rental, video dalam CD/DVD dapat diputar secara individual atau ditanyangkan
menggunakan proyektor agar dapat dilihat semua anggota kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar