TUGAS KULIAH

BELAJAR JARAK JAUH
   A.   Pengertian Belajar Jarak Jauh
Belajar jarak jauh  menjadi istilah yang popular untuk menjelaskan belajar melalui telekomunikasi. Istilah telekomunikasi mencakup berbagai bentuk teknologi dan medi termasuk audio, video, dan computer.
Desmon Keegan (1980) mengidentifikasikan elemen kunci definisi formal dari belajar jarak jauh, definisi ini tidak terpengaruh dengan adanya teknologi yang terbaru dalam penyampaian pesan. Berikut elemen kunci dalam belajar jarak jauh :
1.      Terpisahnya pebelajar dengan pengajar
2.      Adanya program pembelajaran yang terorganisasi
3.      Menggunakan teknologi telekomunikasi
4.      Komunikasi dua arah
Dalam belajar jarak jauh harus memperhatikan teknologi yang digunakan, dari bertatap dengan guru langsung menjadi konferensi, sebuah system telekomunikasi dalam pembelajaran harus berfungsi dengan baik agar menjadi efektif. System komunikasi tersebut antara lain :
1.      Pemaparan informasi. Standar dari elemen dalam pengajaran adalah pemaparan informasi, tidak hanya metode yang dipakai guru tetapi juga prosedur termasuk pendekatan yang berpusat pada siswa. Sebagai contoh :
a.       Pemaparan guru dan demonstrasi
b.      Presentasi dari siswa atau hasil kerja dari grup kecil
c.       Text cetak dan ilustrasi
d.      Music langsung atau hasil rekaman dari suara
e.       Gambar bergerak 


2.      Praktek dengan umpan balik. Kita tahu bahwa dalam belajar melibatkan banyak partisipasi mental siswa secara aktif dalam memahami bahan ajar. Guru dapat melakukan cara-cara berikut:
a.       Kegiatan Tanya jawab
b.      Kegiatan diskusi
c.       Ujian
d.      Kegiatan kelompok yang terstruktur
e.       Proyek grup
f.       Tutor sebaya

3.      Akses pebelajar dengan sumber belajar. Pelajaran biasanya disusun dengan anggapan bahwa pebelajar akan mengahabiskan waktu diluar kelas baik secara individual maupun kelompok untuk membahas bahan ajar, mengerjakan pekerjaan rumah. Proyek, makalah, dan lainnya. Yang termasuk sumber dalam belajar adalah : bahan yang dicetak (buku teks, LKS), bahan audiovisual (CD, DVD atau sumber online), database computer (hasil penelitian online), kit (khusus pada kegiatan labor), bahan kepustakaan (sumber dolumen asli).

SB. Sumber Yang Digunakan Dalam Belajar Jarak Jauh
Dalam belajar jarak jauh adal 3 sumber yang digunakan yaitu audio, video dan online. Dalam pengggunaan 3 sumber ini guru harus memperhatikan hak cipta.
Teknologi Audio
Radio merupakan teknologi pertama yang digunakan dalam penyebaran informasi. Meskipun tidak digunakan banyak pada saat sekarang ini, tetapi tetap masih dipakai pada pada Negara-negara lain, terutama bagi tempat yang mempunyai akses internet yang susah.
Salah satu kunci sukses radio dalm dalam pembelajaran, radio dimiliki oleh siswa pada berbagai tempat. Selain itu radio dapat menjalin komunikasi dua arah dengan menggunakan live audio conference dengan menggunakan telepon atau jaringan internet dibandingkan jika menggunakan kaset atau CD. Bagaimanapun audio dapat mendukung visual informasi seperti handouts atau powerpoint dengan mengirimkannya menggunakan fax atau email.

Teknologi Video
Ada 3 tipe utama dalam teknologi video yaitu streamed video, televise dan CD/DVD.
1.      Streamed video. Disebarkan melalui internet sehingga dapat dilihat oleh computer pribadi atau ditayangkan pada proyejtor sehingga semua siswa di kelas dapat melihatnya.
2.      Televisi. Televisi memberikan banyak cara yang berbeda dalam kesempatan belajar bagi pebelajar.  Siswa dapat belajar secara mandiri dengan melihat program dari berbagai chanel. Dalam teknologi televisi ini kita mengenal one way television  yaitu system penyampaian program pembelajaran tandapa adanya hubungan interaktif antara siswa dengan guru serta ada two way television yaitu memungkinkan dimana ada umpan balik langsung dari pebelajar kepada presenter yang ada di TV.

3.      CD/DVD. Video dapat disimpan dalam CD/DVD sehingga dapat dibawa oleh siswa.video juga dapat disewakan dari penyimpan local atau dipesan online kepada perusahan rental, video dalam CD/DVD dapat diputar secara individual atau ditanyangkan menggunakan proyektor agar dapat dilihat semua anggota kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar